1. TEKNOLOGI INFORMASI
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih
dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu sendiri.
Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin,
material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya
Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan
pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan
(knowledge) bagi penggunanya
Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli
teknologi informasi :
a. Teknologi
Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk
menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk
kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
b. Teknologi
Informasi adalah seperangkat alat yang
membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang
berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
c. Teknologi
Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software &
hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan
juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin,
1999)
d. Teknologi
Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan
mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
e. Teknologi
Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur
komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William
& Sawyer, 2003)
Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa
teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain,
yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan
Teknologi Telekomunikasi
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan
untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang
berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama
untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
A. Masa Prasejarah
Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan
cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi
informasi), mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua,
peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti, sampai diperkenalkannya dunia
arus informasi yang dikenal dengan nama internet. Perkembanagan Teknologi
Informasi yang pertama di awali pada Masa Prasejarah. Pada zaman ini, teknologi
informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem
untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan
informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua
tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, manusia mulai
mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal
mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal
komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.
komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.
Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan
alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang
terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan
terhadap bahaya. Misalnya pada tahun 3000 SM, Untuk pertama kalinya, tulisan digunakan oleh
bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi
sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi
(penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
Masa sebelum 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf
hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili
oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu
rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan
bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
Masa sebelum 500 SMPada 500 SM, manusia sudah mengenal cara
membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat
papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon
papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi
yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang
sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi.
Pada Masa sebelum 105 bangsa Cina berhasil menemukan kertas.
Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita
kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,
dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan
sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan
dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
B. Masa Modern
Masa ini di walai dengan diciptakannya mesin cetak yang
menggunakan plat huruf cetak oleh johann
Gutenberg pada tahun 1455. Disusul dengan Augusta Lady Byron yang berhasil
menulis program computer pertama di dunia. Pada masa itu, augusta lady Byron
bekerja sama dengan Charles Babbege, menggunakan mesin Analytical milik
Charles. Tak cukup sampai disana, pada tahun 1837 samuel morse, sir William cook,
dan Charles Wheatstone berhasil mengembangkan telegraf dan bahasa sandi morse.
Perkembangan teknologi semakin pesat saja, ini dibuktikan
pada tahun 1861 yang pada saat itu sudah berhasil memasukan gambar bergerak
pada proyeksi layar. Hal itu juga menjadi cikal bakal film sekarang. Di tahun
1876 adamelvyl dewey yang mengembangkan system penulisan decimal.
Pada tahun 1877 Alexander Graham Bell berhasil mengembangkan
telepon. Ditahun yang sama Edward Maybridge menemukan fotografi berkecepatan
tinggi.
Tahun 1899 mulai dipergunakan system penyimapanan dalam
tape, berupa pita magnetis yang pertama. Memasuki awal tahun 1900 an zvorkyn
menciptakan tabung televisi pertama di dunia. Tepatnya pada tahun 1923. Di
tahun 1940 ada pengembangan magnetic tape (ilmu pengetahuan dalam teknologi
informasi). Pada tahun 1945 vannevar bush mengembangkan siostem pengkodean
menggunakan hypertext. Tahun berikutnya, 1946 mulai dikembangkan computer
digital pertama di dunia. Pada tahun 1948 para peneliti di bell telephone
mengembangkan transistor. Tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan transistor
planar. Ditahun yang sama Rusia meluncurkan Sputnik dan Amerika membentuk ARPA.
Tahun 1962 Rand Paul Barand ditugaskan untuk mengembangkan suatu system
jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan system pemboman dan peluncuran
peluru kendali untuk perang. Tahun 1969 terbentuknya system jaringan pertama
kali yang menghubungkan 4 titik.
Pada awal tahun 1970-an teknologi informasi sudahsangat
berkembang. Pada tahun 1972 Ray Tomlinson menciptakan program e-mail pertama di
dunia. Pada tahun 1973-1990 istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper
mengetai TCP/IP. Yang terakhir pada tahun 1992, www (world wide web)
diperkenalkan oleh CERN sebagai pembentukan komunitas internet
PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI
1. Teknologi
Masukan
Teknologi masukan (input technologi) adalah teknologi yang
berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam system
komputer.Contoh: keyboard, mouse
.
2. Mesin
Pemroses
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau
prosesor. CPU merupakan bagian system
komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengaturpengolahan tersebut.
komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengaturpengolahan tersebut.
3. Teknologi
Penyimpanan
Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu:
a. Memory Internal
(biasa disebut main memory atau memori utama)
Berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses
pengolahannya dilaksanakan oleh CPU .Contoh: RAM dan ROM.
b. memory Eksternal
(penyimpanan sekunder)
Adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data
secara permanen. Contoh: Hardisk, disket, flashdisk.
4. Teknologi
keluaran
Teknologi keluaran adalah teknologi yang berhubungan dengan
segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan
system. Contoh: layar dan monitor.
5. Teknologi
Perangkat Lunak
Teknologi perangkat lunak disebut juga dengan program yaitu
deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga computer
dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki. Contoh: microsoft word, Adobe
Photoshop, dll
KOMPONEN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem Teknologi Informasi adalah sistem yang terbentuk
sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi.Komponen utamasistem teknologi
informasi yaitu:
1. Perangkat keras( hardware)
2. Perangkat Lunak (Software)
3. Orang (brainware)
KLASIFIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
a. Sistem
teknologi informasi yang melekat (embedded IT system) adalah system teknologi
informasi yang melekat pada produk lain.
b. Sistem
teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system) adalah teknologi
informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh: ATM
c. Sistem
teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system) adalah system
teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas
yang bersifat umum. Contoh: PC
2) MenurutUkuran
a. Super
computer
Super computer adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan
proses paling cepat. Bisa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan
perhitungan yang kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan perancangan
roket. Diantara jenis komputer super yang terkenal adalah Cray (buatan Cray
Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan IBM / International Business
Machine).
b. Mainframe
Mainframe/ bisa juga disebut komputer besar, merupakan jenis
komputer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan
data dengan volume sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama
pada kelas komputer ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.
c.
Workstation
Komputer Workstation (Terminal kerja) merupakan mesin yang
powerfull. Artinya di komputer ini segala pekerjaan diselesaikan.
Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi
perhitungan yang rumit. Komputer-komputer ini menggunakan UNIX atau beberapa
operating system/sistem operasi NT.
Komputer-komputerinidilengkapidenganprosesor RISC yang powerful seperti Digital
Alpha atau MIPS.
d.
Mikrokomputer
Komputer mikro adalah komputer personal (personal
computer/PC) yang umumnya single user atau stand alone, namun saat ini telah
banyak PC yang dilengkapi dengan peripheral card untuk koneksi jaringan atau
internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di
meja tempat bekerja atau belajar. Dengan perkembangan teknologi hardware PC
saat ini menjadi semakin kecil dan portabel seperti notebook yang memiliki
kemampuan sama dengan PC desktop. Oleh sebagian orang, notebook disebut sebagai
laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan saat ini juga terdapat PC tablet,
personal Data Asistant (PDA) atau PC saku (pocket PC) yang kemampuannya hampir
sama dengan notebook.
e.
Microcontroller
Mikrokontroler atau sering disebut sebagai embedded computer
merupakan mikroprosesor khusus yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada
peralatan elektronis cerdas, seperti mobil dan lift. Mikroprosesor ini membuat
peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi adalah Motorola
dan Texas Instrument.
MANFAAT DAN PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
teknologi sangat besar sekali berperan, terutama adalah
teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yaitu misalnya dengan penggunaan
komputer atau laptop. Pada era sekarang ini, di sekolah-sekolah para pengajar
(guru) dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi, karena sekarang
ini proses belajar mengajar pun sudah banyak menggunakan teknologi komputer.
Bahkan di sekolah-sekolah mulai setingkat SMP pelajaran TIK sudah masuk dalam
salah satu mata pelajaran. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi
itu, para siswa bisa belajar lebih banyak, dan lebih cepat mendapatkan
informasi yang dibutuhkan. Karena memang era ini adalah era percepatan,
sehingga pendidikan bangsa kita pun jangan sampai ketinggalan oleh pendidikan
di bangsa-bangsa lain di dunia. Untuk sekolah kejuruan pun, misalnya SMK,
teknologi sangat besar dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan pendidikan dan
mempermudah proses belajar. Contohnya di SMK di jurusan Teknologi Pangan, para
siswa bisa langsung mempraktekan teori yang sudah didapatnya di kelas. Misalnya
membuat roti, tempe, tahu, mochi, dan lain-lain tentu saja dengan bantuan
teknologi yang sesuai dengan bidang tersebut. Jadi sudah jelas bahwa teknologi
memang sangat diperlukan dan sangat berperan dalam upaya meningkatkan
pendidikan di negara ini, meskipun memang ada pula hal-hal negatif terutama
dalam hal informasi kebudayaa dan kebiasaan yang banyak berdatangan dari luar,
dan tentu saja kita harus selektif memilih informasi mana yang bermanfaat dan
yang tidak bermanfaat, yang tidak bermanfaat dan malahan bisa merusak tentu
saja jangan sampai kita ambil, bahkan harus kita jauhi sejauh-jauhnya.
2. PENGERTIAN,
SISTEM, DAN KAITAN KOMPUTER DENGAN PENDIDIKAN
Kata computer berasal dari bahasa latin computare yang
berarti alat hitung, sehingga dulu, apapun saja alat yang bisa melakukan proses
hitung menghitung disebut komputer, seperti kalkulator. Namun sekarang
paradigmanya sudah mulai bergeser dan para ahli juga telah memberikan berbagai
definisi sehubungan dengan komputer. Namun pada prinsipnya, yang dikatakan
komputer adalah seperangkat alat yang mampu melakukan empat hal, yaitu, menerima input, melakukan proses, ada
output, dan menyimpan data.
Perangkat Komputer
Ada tiga perangkat computer yang tidak bisa dipisahkan satu
sama lain.
a. Hardware
(perangkat keras)
Hardware atau perangkat keras komponen yang nyata dapat
dilihat dan disentuh langsung oleh manusia. Misalnya: layar/monitor, CPU,
keyboard, mouse, speaker.
b. Software
(perangkat lunak)
Swoftware atau perangkat lunak adalah sekumpulan data
elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan
menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu
komputer dapat menjalankan suatu perintah. Misalnya ms word, powerpoint,
lotus,dll
c. Brainware
(pengguna)
Brainware adalah pengguna computer, dalam hal ini, tentunya
adalah manusia.
Manfaat komputer dalam pendidikan, yaitu:
1. Pendidik dapat
memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan
Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model
latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model
penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan
(game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan
pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta
didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
2. Kemampuan
belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka
dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer
mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3. Kecerdasan
psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis
teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang
bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4. Komputer adalah
media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci
terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna
komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan
ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer hanya akan menjadi benda mati atau pajangan
yang tidak memiliki manfaat.
Komputer juga merupakan sarana yang bermanfaat untuk
mengekspresikan kreatifitas seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau
menulis, ia dapat menggunakan komputer untuk mendukung karyanya. Dengan
komputer kita dapat menciptakan design kita sendiri dengan bentuk dan warna
yang menarik. Begitu juga dengan menulis. Kita tidak perlu lagi menulis
karangan secara manual dengan pulpen dan kertas tetapi dengan komputer semua
dapat dilaksanakan dengan cepat dan teratur. Kita dapat merangkai atau menulis
karangan halaman demi halaman dengan variasi tulisan yang kita inginkan
3. HARDWARE DAN
KEGUNAANNYA
Perangkat keras komputer (computer hardware) adalah
komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer
(PC).
Biasanya perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar
dimasukkan ke dalam sebuah casing komputer dan sebagian lain berada di luar
casing.
Perangkat keras yang berada di dalam casing umumnya terdiri
dari:
1) Motherboard
(papan utama)
Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun
sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan
komponen-komponen lain. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC.
Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard
atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.
2) Central
Processing Unit (CPU)
Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari
komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan
perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang
dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk
mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan
Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah
data-data grafis.
3) Random Access
Memory (RAM)
RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk
operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya
perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang
dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam ,
mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes)
4) Video Graphic
Array (VGA)
VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang
memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display
seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang
terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada
juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada
CPU-nya.
5) Hard Disk
Drive(HDD)
Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama
dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen
disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru
yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun
menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.
6) Optical Disc
Drive
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD
Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga
menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray
Disc.
7) Power Supply
Unit (PSU)
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur
energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi
listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di
dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.
Selain dari perangkat keras komputer yang terdapat di dalam
casing, ada juga komponen-komponen yang umum kita lihat diluar casing:
1) Monitor
Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor
adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari
komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk
fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu
menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
2) Keyboard dan
Mouse
Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk
memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka
grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini
cukup beragam, namun fungsinya sama saja.
4. PERANGKAT
LUNAK DAN KEGUNAANYA
a. Perangkat
Lunak (software)
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat
dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai
informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar
perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
1) sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna
dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux,
Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur
eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori,
serta instalasi software.
2) Sistem
Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat
lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan
suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat
lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak
secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas
yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah
pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
5. MULTIMEDIA
DAN KAITANNYA DENGAN PENDIDIKAN
Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi artinya
banyak atau bermacam-macam. Sedangkan media artinya perantara atau sesuatu yang
dipakai untuk mengntarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu.jadi multimedia
adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi
sehingga informasi itu teruji dengan lebih menarik ( Rosch, 1996).
Multimedia merupakan penyatuan dua atau lebih media
komunikasi untuk seperti teks, grafik, animasi, audio, dan video dengan
ciri-ciri interaktivitas computer unutk menghasilkan satu presentasi menarik
(Oblinger, 1993).
Multimedia dalam konteks computer menurut Hofstetter (2001)
adalah penggunaan computer unutk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia terdiri dari 4 faktor yaitu, (1) ada computer
yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, (2) ada link
yangmenghubungkan pengguna dengan informasi, (3) ada alat navigasi yang
membantu pengguna menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung (4)
multimedia menyediakan tempat kepada pengguna untuk mengumpulkan, memproses,
dan mengkomunikasikan informasi dengan ide secarainteraktif.
Multimedia penting dalam proses pembelajaran,yaitu sebagai
salah satu strategi untuk membangkitkan dan meningkatkan motivasi dan minat
belajar peserta didik. Dengan multimedia proses pembelajaran akan efektif dan
efisien,dan dapat menciptakan proses pembelajaran interaktif, sehingga lebih
memungkinkan tujuan bias tercapai.
6. INTERNET DAN
KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN
Internet (Interconnected Network) merupakan jaringan global
yang menghubungkan computer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Dengan
internet, computer dapat saling terhubung unutk berkomunikasi, berbagi dan
memperoleh informasi. Internet memberikan peluang untuk : meningkatkan akses
terhadap informasi, mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan
informasi, mengkomunikasikan gagasan dan informasi, merencanakan dan
mengorganisasikan kegiatan, bekerja sama dengan orang lain, memecahkan bebagai
masalah, dan memupuk mengembangkan pengertian kultural.
Internet memilki
karakteristik yaitu ; sebuah jaringan yang ,mengubungkan berbagai individu dan
organisasi, sebuah pasar yang menawarkan pasar yang terbuka dan sangat luas
dengan banyak pelanggan potensial, sebuah tempat btransaksi, memungkinkan orang
berbisnis, untuk menyelesaikan transaksi on line financial, sebuah
tempatpengembangan aplikasi, memungkinkan pengembang piranti lunak untuk
mengguganakn sebagai dasar untuk mengembangkan banyak aplikasi. Fasilitas-fasilitas
internet diantaranya surat elektrobik atau dikenal dengan sebutan e-mail,
penyelusuran WWW dengan sebuah browser, seperti geogle chrome,Mozilla firefox
atau internet explorer, mentransfer file, browsing, penyelususran WAIS dan lain
lain. Tentu sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dalam memudahkan
segala aktifitas yang berkaitan dengan hubungan antar lini jabatan dan arus
informasi dari tingkat atas sampai tingkat bawah. Dengan internet interaksi dan
hubungan koordinasi dalam dunia pendidikan lebih efektif dan efisien. Segala
informasi yang berkaiatan dengan pengelolaan pendidikan bisa dengan mudah
diakses dari internet, sehingga segala keperntingan dan tujuan bisa tercipta
dengan optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar