Selasa, 22 Oktober 2013

computer maintenance



komputer adalah sebuah perangkat yang mendukung kreatifitas dari setiap individu ataupun kelompok yang mengharapkan kemudahan dalam operasional kerjanya. kinerja yang ditawarkan dari sebuah komputer termasuk salah satu dari kemudahan yang dapat dirasakan oleh user atau penggunanya sendiri. sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat, alangkah baiknya apabila kita merawat dan menjaga ''kesehatan'' komputer yang kita miliki. karena apabila komputer yang kita miliki ''sakit'' bukan tidak mungkin semua pekerjaan kita akan berantakan, bisa jadi semuanya akan terhambat. apalagi buat mereka yang kerja atau usahanya bergantung dari jaringan internet yang membutuhkan komputer untuk bisa diakses atau mengakses bisnisnya, seperti saya misalnya, hehe...
sebagai seorang yang sedang belajar memanfaatkan internet untuk bisnis online, saya harus benar-benar ''menggauli,'' komputer saya. untuk iklan produk, untuk rekruit member, untuk ikut webinar, untuk ikut training-training online, dan banyak lagi. karena terlalu seringnya dipake, suatu hari komputer saya ''hange'', terus saya restart, jadinya malah nge-blank. saya restart lagi, alhamdulillah, sembuh juga.... tapi makin hari, ''kerjanya'' makin lamban. akhirnya saya bawa ke toko semula saya beli komputer itu. kata penjualnya, ''komputernya gak dirawat, ya teh? kasian kalo dipake terus tapi ga dirawat''. akhirnya, saya diberitahu tips untuk merawat dan memelihara komputer. asyiikk.. hehe..

begini nih caranya:
yang pertama kita memelihara aspek software.
1. Ddefragment Hardisk
     Harus dilakukan secara berkala 2-4 minggu sekali untuk mencegah harddisk menjadi crash dan agar     read   dan write harddisk menjadi lebih cepat kerjanya.
2. Disk Clean Up
      Setelah Defragment, lakukan juga Disk Clean up, untuk menghapus file yang temporary dan file cachee internet. Disk Clean Up bisa dipergunakan di Default Window, Tune Up Utilities dan Cleaner Utilities
3. antivirus
      Lengkapi antivirus terbaik dan Up to date, misalnya NOD 32, Avira< AVG (antivirus luar negeri) dan smadav 9antivirus dalam negeri). atau gunakan software pelindung seperti deepfreeze dan shadowdefender
4. Uninstal Program tak Berguna
      Uninstal program-program yang tidak digunakan dan perbaiki sistem registry program yang di uninstal dengan utilities, seperti registry cleaner.
5. Start Up Program
      Kurangi dan nonaktifkan program-program yang di load secara otomatis pada saat start up dengan cara:
klik start--run--ketik msconfig--akan muncul tampilan System Configuration Utility--pilih tab start up--lalu pilih disable all atau unchecklist program yang ingin dinonaktifkan waktu start up--apply--ok--restart komputer untuk menyimpan settingan tersebut.


6. firewall
      aktifkan firewall untuk menghindari dan membatasi akses dari luar yang dapat merusak sistem.
caranya:
klik start--control panel--switch to category view--pilih security center



setelah pilih security center--muncul tampilan Windows Security Centre--klik Windows Firewall


setelah  klik Windows Firewall akan muncul tampilan seperti ini


a. pilih on (recomended)--ok
b. pilih on (recomenden) checklist don't allow exceptions

bila komputer anda terhubung jaringan seperti dikantor atau warnet, klik OK

7. Back Up Data
      bisa melalui beberapa media penyimpanan sebagai berikut CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD RW, Flashdisk, micro SD, dan harddisk eksternal serta simpan di Public Folder jika anda terhubung oleh satu jaringan komputer d kantor anda. dilakukan untuk mencegah recovery data /pengembalian data jika data anda hilang dan masih tersimpan di Harddisk Internal
8. Partisi Harddisk
      Buat minimal 2 partisi pada harddisk, partisi yang pertama (C:) untuk system operasi dan partisi kedua untuk file data anda serta perbandingannya 40% : 60% dari jumlah kapasitas harddisk anda.
contoh Harddisk 60 GB, C : 64 GB dan D : 96 GB.

itulah beberapa tips perawatan untuk software komputer...sekatrang saya akan share tips untuk perawatan Hardware-nya.
1. UPS (Uninteruptable Power Supply) dan Stavolt/stabilizer, digunakan untuk komputer terhindar dari crash selama listrik padam dan secara tiba-tiba.
2. hindari mencabut perangkat pheriperal ketika komputer sedang menyala, karena dapat mengakibatkan hubungan singkat listrik pada soket konektor di motherboard.
3. Buka, bongkar, dan Bersihkan CPU dari debu yang menempel pada power supply, motherboard, slot memory, dan harddisk dengan kuas atau semprot dengan vacum cleaner kecil. untuk memory atau RAM bisa dibersihkan dengan menggunakan penghapus pensil. secara berkala 1-4 mingggu sekali
4. Pendingin Ruangan (AC), khusus digunakan di ruang kantor dan warnet yang jumlah perangkat komputernya lumayan banyak, untuk ruangan yang hanya menyimpan 1-2 komputer saja, cukup gunakan kipas angin dan Cassing CPU komputer, bisa dibuka.
5. Matikan Komputer secara normal dengan cara shutdown dan matikan selalu komputer jika tidak dipergunakan dalam waktu lama.
6. Hindari komputer dari perangkat yang memancarkan magnet

begitulah tips merawat komputer dari saya, semoga bermanfaat yaaa....








Tidak ada komentar:

Posting Komentar