MENGENAL KOMPUTER DAN
MANFAATNYA UNTUK PENDIDIKAN
A.
Apa Sih Komputer?
Kata computer berasal dari bahasa latin computare yang berarti alat hitung,
sehingga dulu, apapun saja alat yang bisa melakukan proses hitung menghitung
disebut komputer, seperti kalkulator. Namun sekarang paradigmanya sudah mulai
bergeser dan para ahli juga telah memberikan berbagai definisi sehubungan
dengan komputer. Namun pada prinsipnya, yang dikatakan komputer adalah
seperangkat alat yang mampu melakukan empat hal.
1.
Menerima Input
2.
Melakukan Proses
3.
Ada Output dan
4.
Menyimpan data.
B. Perangkat
Komputer
Ada tiga perangkat computer yang tidak bisa dipisahkan
satu sama lain.
1.
Hardware (perangkat keras)
Hardware atau perangkat keras komponen
yang nyata dapat dilihat dan disentuh langsung oleh manusia. Misalnya: layar/monitor,
CPU, keyboard, mouse, speaker.
2.
Software (perangkat lunak)
Swoftware atau perangkat lunak adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah
suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Misalnya ms word, powerpoint,
lotus,dll
3.
Brainware (pengguna)
Brainware adalah pengguna computer,
dalam hal ini, tentunya adalah manusia.
C.
Manfaat komputer dalam pendidikan, yaitu:
1. Pendidik dapat memiliki variasi
mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada
beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill
and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem
solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game).
Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran
agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk
mengembangkan pengetahuan mereka.
2. Kemampuan belajar peserta didik dapat
meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas -
tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks,
warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3. Kecerdasan psikomotorik siswa dapat
terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat
menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk
meningkatkan kualitas pendidikannya.
4. Komputer adalah media atau alat bantu
untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan
yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik
maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik,
untuk belajar, komputer hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang
tidak memiliki manfaat.
Komputer juga merupakan sarana yang bermanfaat untuk
mengekspresikan kreatifitas seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau
menulis, ia dapat menggunakan komputer untuk mendukung karyanya. Dengan
komputer kita dapat menciptakan design kita sendiri dengan bentuk dan warna
yang menarik. Begitu juga dengan menulis. Kita tidak perlu lagi menulis
karangan secara manual dengan pulpen dan kertas tetapi dengan komputer semua
dapat dilaksanakan dengan cepat dan teratur. Kita dapat merangkai atau menulis
karangan halaman demi halaman dengan variasi tulisan yang kita inginkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar