Sabtu, 31 Agustus 2013

tugas 3



MENGENAL KOMPUTER DAN MANFAATNYA UNTUK PENDIDIKAN

A.      Apa Sih Komputer?
Kata computer berasal dari bahasa latin computare yang berarti alat hitung, sehingga dulu, apapun saja alat yang bisa melakukan proses hitung menghitung disebut komputer, seperti kalkulator. Namun sekarang paradigmanya sudah mulai bergeser dan para ahli juga telah memberikan berbagai definisi sehubungan dengan komputer. Namun pada prinsipnya, yang dikatakan komputer adalah seperangkat alat yang mampu melakukan empat hal.
1.    Menerima Input 
2.    Melakukan Proses 
3.    Ada Output dan
4.    Menyimpan data.

B.  Perangkat Komputer
Ada tiga perangkat computer yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
1.    Hardware (perangkat keras)
Hardware atau perangkat keras komponen yang nyata dapat dilihat dan disentuh langsung oleh manusia. Misalnya: layar/monitor, CPU, keyboard, mouse, speaker.
2.    Software (perangkat lunak)
Swoftware atau perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Misalnya ms word, powerpoint, lotus,dll
3.    Brainware (pengguna)
Brainware adalah pengguna computer, dalam hal ini, tentunya adalah manusia.

C. Manfaat komputer dalam pendidikan, yaitu:
1.      Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
2.      Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3.      Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4.      Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.

Komputer juga merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau menulis, ia dapat menggunakan komputer untuk mendukung karyanya. Dengan komputer kita dapat menciptakan design kita sendiri dengan bentuk dan warna yang menarik. Begitu juga dengan menulis. Kita tidak perlu lagi menulis karangan secara manual dengan pulpen dan kertas tetapi dengan komputer semua dapat dilaksanakan dengan cepat dan teratur. Kita dapat merangkai atau menulis karangan halaman demi halaman dengan variasi tulisan yang kita inginkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar